Wednesday, April 22, 2015

Toner Sebagai Komponen Printer Laserjet

Printer laser merupakan teknologi mencetak yang sistemnya seperti kerja mesin foto kopi. Menggunakan pemanas dan memanfaatkan aliran elektromagnetik untuk mengikat toner kedalam bentuk image. Komponen printer ini berbeda dengan komponen tipe inkjet, kualitas hasil cetak juga lebih baik dari printer inkjet. Misalnya pada hasil cetak printer laser mampu tahan air dan hasilnya tahan lama sampai puluhan tahun. Untuk lebih mengenal dekat dengan printer leaser, berikut akan kami ulas singkat tentang komponen yang berperan penting pada laserjet. Komponen itu adalah toner catridge.
Komponen printer laser ini sangat vital, fungsi toner untuk mencetak yang terbuat dari bubuk yang dialiri listrik statis. Toner mempunyai komposisi berupa plastik dan pigmen. Pigmen toner untuk laserjet monochrome berupa warna hitam. Ketika printer mencetak, pigmen akan bercampur dengan partikel plastik dan ketika melewati elemen pemanas toner akan melekat pada kertas. Maka hasil cetak akan sangat presisi dan tahan air. Tentu hasil ini berbeda dengan printer inkjet.
Pada catridge toner terdapat komponen berupa OPC drum yang fungsinya sebagai media penghantar image ke kertas. Prosesnya adalah toner diserap oleh developer atau magnet roller yang bermuatan listrik negative. Magnet roller berputar dan sampai pada OPC drum yang bermuatan listrik positif. Maka toner akan terserap pada Drum dan menempel pada kertas yang berada diantara magnet dan OPC drum. Terakhir kertas akan melewati elemen pemanas untuk merekatkan image dari toner sehingga merekat pada kertas. Demikian sedikit ulasan singkat tentang komponen printer laserjet khususnya toner catridge. Semoga bermanfaat untuk pengetahuan Anda tentang teknologi printer masa kini.