Monday, April 20, 2015

HP LaserJet Pro MFP M125a




HP LaserJet Pro MFP M125a merupakan salah satu printer laser multifungsi dari HP yang mulai beredar di Indonesia untuk kelas entry level akhir tahun ini. Printer laser yang dilengkapi fitur print, scan, dan copy ini menggunakan memori 128 mb
dengan processor 600 Mhz. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini tidak terlihat terlalu besar dan cocok di tempatkan di berbagai sudut meja di ruangan yang kecil maupun besar.

Desainnya pun terlihat simple dengan balutan warna hitam doff pada sebagian besar body printer. Terdapat LCD 2 line untuk menunjukkan informasi proses kerja printer. Pada panel controlnya, tombol-tombol tertata rapi dan mudah dalam penggunaannya untuk setiap fungsi dan fitur printer ini.

Printer ini sepertinya akan menggantikan HP LaserJet M1132 MFP yang sudah beredar cukup lama di Indonesia. HP Laserjet Pro MFP M125a pun memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan HP Laserjet Pro MFP M127FN. Hanya saja tidak terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer seperti pada seri HP Laserjet Pro MFP M127FN. Printer ini pun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau seperti seri M1132 MFP yaitu di kitaran harga 1,7 juta-1,9 juta rupiah.

Printer multifungsi ini memiliki dimensi fisik 420 x 365 x 254 mm dan memiliki berat sekitar 8 kg dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 8.000 halaman kertas. Fungsi cetak pada HP LaserJet Pro MFP M125a mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan hingga 20 halaman per menit dengan draft mode. Resolusi cetak maksimal printer ini adalah 600 x 600 dpi, berkat teknologi HP Ret dan HP FastRes. Sayangnya printer laser multifungsi monokrom ini pun belum dilengkapi fitur duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus.



Fitur scan nya pun semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada HP LaserJet Pro MFP M125a memiliki resolusi scan hingga 1200 x 1200 dpi, dengan kecepatan memindai sekitar 7 detik per halaman atau untuk file black & white serta sekitar 5 halaman per menit untuk memindai file colour atau berwarna. Area scannya maksimal ukuran kertas 216 x 3297 mm dengan scanner jenis flatbed.

Printer laser multifungsi ini juga dilengkapi fitur copy monokrom dengan kecepatan meng-copy hingga 20 cpm (copy per minute) dengan resolusi hingga 600 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Paper tray atau tempat kertas pada printer HP LaserJet Pro MFP M125a ini dapat diisi dengan 100 lembar kertas. Printer ini mampu menangani kertas 60 gram -163 gram/ m² .

HP LaserJet Pro MFP M125a menggunakan jenis toner monokrom seri baru CF283A (HP 83A) dengan pageyield hingga 1.500 halaman (coverage area cetak 5%).  Dengan konektifitas Fast Ethernet 10/100Base-TX printer ini dapat digunakan untuk penggunaan bersama dalam sebuah tim kerja kecil di kantor.

HP LaserJet Pro MFP M125a cocok digunakan untuk para professional dalam sebuah tim kerja kecil di berbagai perusahaan dan instansi karena ukurannnya yang terlihat praktis, dan tidak memakan ruang, serta cocok bagi instansi atau perusahaan yang membutuhkan printer dengan fitur yang lengkap untuk membantu meningkatkan kualitas hasil kerja. Harganya pun relative cukup terjangkau untuk ukuran printer laser multifungsi dengan fitur print, scan, & copy. Printer juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak.