Wednesday, April 29, 2015

Xerox Adaptasi Teknologi Printer Pencetak Sirkuit

Xerox ternyata perusahaan yang lebih memiliki visi jauh kedepan dibanding perusahaan lain. Perusahaan baru-baru ini memberikan kesempatan kepada The New York Times untuk melihat teknologi baru yang mereka kerjakan
dipusat riset Palo Alto, California.
Mereka memperlihatkan Xerographic microassembly, teknologi yang dihasilkan melalui ide printer laser, yang diklaim Xerox akan menjadi cara paling efisien dalam menghasilkan sirkuit bagi produk elektronik suatu saat nanti.
Menurut Time, Xerographic microassembly memeras wafer silikon menjadi ribuan “chiplet” yang kemudian dikemas menjadi botol “toner” fisik. Setelah toner diproduksi dan siap, Xerox menerapkan teknologi seperti yang mereka gunakan dalam menempatkan toner printer laser pada kertas, bedanya kali ini digunakan untuk mencetak sirkuit perangkat.
Masih menurut Time, teknologi menggunakan medan listrik yang berasal dari elektroda, untuk meastikan seluruh sirkuit berada pada posisi tepat. Chiplet bisa dalam bentuk apa saja mulai dari mikroprosesoer, memori komputer hingga berbagai komponen lain yang umumnya terdapat pada komputer.
Jangan khawatir bila anda masih merasa kurang mengerti dengan ide ini, karena sangat berbeda dengan cara memproduksi sirkuit untuk elektronik saat ini. Dalam menghasilkan sirkuit bagi perangkat, perusahaan perlu membangun wafer besar yang berisi sirkuit elektronik. Mereka kemudian dipotong terpisah dan dipasang pada board sirkuit dengan proses yang cukup rumit dan panjang.
Sementara teknologi Xerox, akan memberikan solusi all-in-one yang akan membuatnya lebih mudah, bahkan mungkin lebih hemat biaya dalam menghasilkan sirkuit bagi sebuah perangkat. Namun Xerox mengakui, teknologi masih dalam tahap awal pengujian dan belum akan bermain dipasar chip dalam waktu dekat.