Monday, April 27, 2015

Rasakan Kualitas Pencetakan Cepat Pada Printer Canon Pixma MX457

Untuk urusan printer multifungsi, setiap hari selalu ada tipe printer baru yang datang dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak produsen printer multifungsi seperti Epson, HP, Canon yang telah memproduksi berbagai jenis printer multifungsi yang bisa melakukan print,
copy, fax, dan scan sekaligus. Salah satu produsen printer besar tersebut, Canon, baru-baru ini mengeluarkan printer multifungsi terbarunya dari jajaran printer Pixma, yaitu printer Canon Pixma MX457. Seperti apakah printer multifungsi yang satu ini dan apakah layak untuk menempati ruang cetak di rumah atau kantor Anda? Mari simak ulasannya terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan untuk membelinya.

Desain & Fitur
Printer Canon Pixma MX457 adalah printer inkjet multifungsi yang lebih ditujukan untuk penggunaan kantor rumahan. Seperti banyak printer multifungsi lainnya, Canon Pixma MX457 bisa melakukan print, copy, scan, dan fax, dan meskipun printer ini tidak memiliki colokan Ethernet, namun Canon Pixma MX457 bisa terkoneksi melalui jaringan nirkabel untuk digunakan oleh semua komputer yang tergabung dalam jaringan. Satu-satunya fitur yang kurang di printer ini adalah dupleks (cetak dua sisi) otomatis, namun driver printer ini dapat membantu Anda melakukannya secara manual.
Meskipun Canon Pixma MX457 ini tampilannya tidak secantik Pixma lainnya, namun desainnya secara keseluruhan cukup fungsional. Tidak ada card reader dan layar warna, namun layar LCD dan tombol-tombol yang dimiliki printer ini sudah lebih dari cukup dan tidak membingungkan seperti banyak printer Pixma lainnya. Penutup scannernya memiliki feeder kertas otomatis yang mampu menampung hingga 30 lembar yang dijaga dengan engsel yang bisa membuat penutupnya tetap mendatar ketika memindai dokumen yang tebal.

Performa & Output Quality
Dari segi kecepatan mencetak, Canon mengklaim kecepatan mencetak maksimum hingga 9,7 lembar kertas per menitnya, dan dalam pengujian pun hasil yang didapat tidak jauh dari klaim tersebut, yaitu 9,3 lembar kertas per menit untuk mencetak tulisan hitam dalam kualitas standar. Anehnya, menggunakan mode cepat justru malah melambatkan kecepatan cetak menjadi 9 lembar kertas per menit. Cetakan tulisannya nampak bagus dan gelap, namun terdapat garis tipis yang hampir tidak kentara di beberapa baris tulisan.
Untuk urusan mencetak gambar, kualitas dari Canon Pixma MX457 bisa dibilang sangat baik dengan warna yang kuat dan tidak adanya garis yang mengganggu, namun kecepatannya tidak secepat printer sejenis yang ada di pasaran. Canon mengklaim kecepatan 5,5 lembar kertas per menit untuk mencetak halaman berwarna, namun kenyataannya Canon Pixma MX457 hanya bisa mencetak secepat 2,2 lembar kertas per menitnya.

Kemampuan fotokopinya juga lumayan, dengan butuh 3 menit 36 detik untuk mengkopi 10 halaman hitam putih, dan tentunya lebih lambat lagi ketika menggunakan kopi berwarna. Namun, kemampuannya mencetak foto bisa dibilang lebih cepat dengan satu setengah menit untuk mencetak foto ukuran kartu pos di kertas mengkilap dengan kualitas yang baik.

Kemampuan memindai (scan) dari Canon Pixma MX457 cukup lambat melalui koneksi nirkabel. Scan satu halaman A4 dengan pengaturan 300 dpi memakan waktu 51 detik dan untuk memindai foto 1200 dpi memakan waktu hingga 4 menit. Kemampuan memindai ini jauh lebih cepat jika menggunakan koneksi USB, dengan 19 detik untuk pengaturan 300 dpi dan 1 menit untuk pengaturan 1200 dpi. Untungnya, hasil scan sangat memuaskan sesuai dengan standar Canon yang juga didapati di berbagai produk lainnya.

Harga & Kesimpulan
Secara keseluruhan, printer multifungsi Canon Pixma MX457 ini cukup konsisten dalam memberikan hasil yang bagus, meskipun cenderung lebih lambat dibandingkan produk serupa di pasaran. Selain itu, biaya penggunaan tintanya juga cukup murah dibandingkan printer sejenis. Meskipun bukan yang paling murah dalam hal penggunaan tinta, namun printer ini sudah sangat baik dalam penggunaan tintanya sehingga Anda tidak perlu khawatir harus sering ke toko tinta printer setiap beberapa minggu sekali karena tinta printernya habis dengan cepat dan harus membeli tinta printer baru yang mahal. Jadi kesimpulannya adalah, Canon Pixma MX457 merupakan pilihan tepat untuk menjadi andalan baik di rumah maupun di kantor Anda. Printer ini dibanderol seharga Rp. 1.290.000
 
Sumber