Monday, April 27, 2015

Fuji Xerox Ingin Mendorong Masyarakat Untuk Mulai Beralih ke Printer Laser


Tahun 2012 lalu ternyata menjadi kenangan manis bagi Fuji Xerox di pasar Indonesia. Menurut data IDC yang diperlihatkan oleh Teddy Susanto, Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia, Fuji Xerox berhasil menduduki peringkat 2 sebagai merek printer laser
yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pencapaian seperti ini membuat Fuji Xerox memegang market share sebesar 24,6% untuk pasar printer laser di Indonesia. Tidak hanya itu, data dari IDC juga menunjukkan pasar printer laser ternyata mengalami peningkatan 2,7 lipat lebih cepat dibandingkan printer inkjet. Ini berarti ada kecenderungan bahwa masyarakat Indonesia mulai melirik printer laser sebagai perangkat cetak mereka.
Printer laser memang memiliki beberapa keuntungan dibandingkan printer inkjet meskipun memiliki harga jual lebih tinggi. Beberapa keuntungan dari menggunakan printer laser seperti kecepatan cetak lebih tinggi sehingga menghemat waktu dan kualitas cetak lebih baik dibandingkan printer inkjet meskipun tidak menggunakan kertas kualitas tinggi. Selain itu hasil cetak printer laser memiliki daya tahan lebih baik saat terkena cairan. Beberapa kelebihan tersebut tampaknya yang mendorong masyarakat, terlebih perusahaan maupun UKM, untuk mulai beralih ke printer laser.
Untuk semakin mengokohkan posisinya, di tahun 2013 ini Fuji Xerox sudah mempersiapkan 3 “mainan” terbaru mereka untuk pasar printer laser Indonesia. Printer laser terbaru tersebut adalah DocuPrint P455 dDocuPrint CP405d, dan DocuPrint CM405 df. Printer laser tersebut datang dengan berbagai teknologi untuk menghemat biaya cetak. Beberapa di antaranya seperti kemampuan mencetak duplex (bolak-balik), komponen drum dengan daya tahan lebih lama, dan juga EA Eco Toner yang mampu menghemat konsumsi daya hingga 25%. Tidak hanya itu, printer laser dari Fuji Xerox juga datang dengan aplikasi manajemen penggunaan printer bernama Auditron. Aplikasi ini akan memanajemen penggunaan printer jaringan secara perorangan seperti siapa yang hanya dapat mencetak hitam putih atau siapa saja yang dapat mencetak foto.

Fuji Xerox DocuPrint CM405 df

Fuji Xerox DocuPrint CP105 b

Fuji Xerox DocuPrint P455 d
Tiga printer laser tersebut tentu saja diharapkan akan mendongkrak market share Fuji Xerox di Indonesia pada tahun 2013 ini. Tentu saja untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan edukasi kepada masyarakat mengenai keuntungan menggunakan printer laser dibandingkan printer inkjet sehingga pengguna printer laser di Indonesia semakin meningkat.