Wednesday, April 29, 2015

Hewlett-Packard Kuasai Pasar Printer Format Besar


Thumbnail

Framingham: Laporan terakhir dari lembaga riset pemasaran International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Hewlett-Packard berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar printer
berformat besar (large format printer, LFP) di dunia selama kuartal dua 2013.

Pangsa pasar HP di pasar LDP pada kuartal dua 2013 mencapai 39,4%, menurun dua poin dari periode yang sama di 2012. Meski begitu, HP tetap memimpin pasar teknikal dengan pendistribusian perangkat dua kali lebih banyak daripada pesaingnya, Canon. HP juga menduduki posisi kedua di pasar grafis setelah Epson.

Adapun posisi kedua di pasar LFP dipegang oleh Canon dengan pangsa pasar sebesar 18,9%, naik lima poin dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selama kuartal dua 2013, Canon mendistribusikan 13.756 printer berformat lebar.

Produsen lain, yaitu Epson, menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 18,6%. Di kuartal dua 2013 ini terjadi penurunan pendistribusian LFP. Jumlah LFP Epson yang didistribusikan ke seluruh dunia pada periode tersebut ialah 13.501 unit.

Di posisi keempat ada Roland yang menyalip Oce.  Pendistribusian LFP oleh Roland meningkat 12% dengan pangsa pasar 3,8%.  Setelah Roland ada Oce di posisi kelima dengan pangsa pasar sebesar 3.6%.

Total printer berformat lebar yang didistribusikan ke seluruh dunia pada kuartal dua 2013 menurun 4,2%. Jumlah perangkat yang didistribusikan mendekati 73.000 unit.

“Meski pasar LFP sudah mencapai tahap dewasa, kami melihat ada peluang untuk tumbuh di segmen printer ramah lingkungan,” kata Program Manager Worldwide Large Format Printer Tracker IDC Phuong Hang.