Tuesday, April 21, 2015

Printer Epson LX-300

Printer Epson LX-300 adalah printer jenis dot matrix yang saat ini masih banyak digunakan oleh sebagian orang. Printer LX-300 ini termasuk printer lama yang masih dibutuhkan karena printer ini masih dapat berfungsi dengan baik. Seiring dengan perkembangan OS pada Microsoft ternyata tidak diikuti dengan update driver. Sehingga driver ini tidak bisa digunakan pada windows yang terbaru. Dibawah ini akan dijelaskan tentang penggunaan driver pada windows terbaru misalnya pada windows 7, yaitu:
  1. Sambungan printer LX-300 ke komputer atau laptop lalu hidupkan printer.
  2. Install driver printer Epson type LX-300 yang mendekati printer tersebut  yaitu printer Epson LX series 1. Caranya sangat mudah hanya dengan klik Windows Button, lalu pilih Devices and printers, pilih add printer, lalu klik add a local printer, pilih port: LPT1 (printer port), klik next, pilih manufaktur Epson, pilih Epson LX series 1 (80) klik printer name LX-300 selanjutnya hanya dengan klik next sampai menemukan kata finish.
Namun biasanya setelah melakukan hal diatas, windows akan mengalami pesan error “Unknown port”.  Pesan itu menandakan bahwa instalasi yang diproses sudah hampir masuk namun belum terbaca oleh PC. Jangan khawatir hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara install printer LX-300 dibawah ini :
Pastikan Network koneksi antara PC windows XP dan windows 7 sudah ok.
Setelah terpasang dengan baik maka ikuti langkah berikut ini
  1. Klik windows button
  2. Lalu pilih Devices and printers
  3. Klik Add printer
  4. Kemudian klik Add a local printer
  5. Pilih Create new port
  6. Pilih Local port
  7. Beri nama host name shared printer
  8. Klik next
  9. Tambahkan manufaktur printer LX-300
  10. Next dan terakhir klik Finish
Dengan demikian printer LX-300 dapat digunakan pada laptop atau komputer yang Anda miliki tanpa harus bingung untuk mencari driver printer Epson LX-300 tersebut. Karena printer jenis ini masih banyak diperjualbelikan namun tidak update pada drivernya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara-cara diatas.