Monday, April 27, 2015

Review Brother HL-2130: Mungil, Sigap, dan Murah

Banyak pengguna tidak membutuhkan printer yang dapat menerima fax atau dapat menscan, mereka hanya memerlukan printer yang irit dan cepat.
Brother HL-2130 adalah printer laser entry level yang ditargetkan untuk kantor rumahan (SOHO). Printer ini memiliki bentuk yang sangat compact, sehingga cocok
ditempatkan di ruangan yang kecil, atau bahkan kamar seorang mahasiswa. Lebih menarik lagi, HL-2130 ditawarkan dengan harga 700 ribuan rupiah saja. Lalu, apa lagi yang ditawarkan printer ini?

Spesifikasi Brother HL-2130

  • Single Function Laser Printer.
  • Mencetak hitam putih sampai 2400×600 dpi, dengan kecepatan sampai 20ppm.
  • Paper tray 250 lembar.
  • Manual feed slot.
  • Konektivitas USB.

Product Tour

Secara bentuk, HL-2130 sangat serupa dengan HL-2270DW yang pernah masuk lab JagatReview. Printer ini sangat ringkas tanpa ada tonjolan-tonjolan tray.
Tray kertas dapat memuat 250 lembar kertas A4, dan di atasnya Anda dapat menemukan manual feeder slot. Manual feeder dapat digunakan untuk ukuran-ukuran kertas yang kurang umum, seperti amplop, atau kertas yang tidak muat di paper tray (seperti folio). Kami sangat menyukai bagaimana printer dapat dioperasikan tanpa ada tray yang menonjol, seperti kebanyakan printer lain.
Anda tak akan menemukan port yang aneh pada printer ini, hanya sebuah port USB di belakang printer. Ini dikarenakan HL-2130 memang tidak dilengkapi dengan konektivitas jaringan maupun Wi-Fi untuk menekan biaya produksi. Tombol user interface juga sangat minim, hanya ada satu tombol dengan empat lampu indikator yang cukup jelas.

Performa

Brother HL-2130 adalah printer laser monokrom karena itu kami hanya akan menguji satu facet tersebut. Dua parameter yang diuji adalah kecepatan dan kualitas pencetakan dokumen. Kami menguji performa printer menggunakan testbed Windows 7 dengan koneksi via kabel USB.
Pengukuran membedakan waktu persiapan (click to paper pull) dengan proses pencetakan sendiri. Proses pencetakan dihitung dari sejak kertas pertama ditarik sampai cetakan terakhir selesai.
Durasi total pencetakan HL-2130 dapat dibilang sama dengan HL-2270DW. Untuk pencetakan normal sebanyak 10 lembar, HL-2130 memerlukan waktu sekitar 11+30 detik. Dalam arti, 11 detik untuk persiapan dan 30 detik untuk proses pencetakan. Ini berarti HL-2130 memenuhi klaim kecepatan cetak 20ppm.
Kualitas pencetakan HL-2130 sendiri sangat baik. Teks tegas dan warna-warna hitam pada grafik sangat pekat. Anda tak akan kecewa dengan hasil cetakan printer ini.

Kesimpulan

Printer laser tidak lagi semahal beberapa tahun lalu. Jika Anda hanya akan melakukan pencetakan monokrom, printer laser merupakan pilihan yang sangat ekonomis berkat daya tahan toner yang baik. Toner HL-2130, misalnya, diklaim dapat bertahan sampai 700 halaman.
Harga HL-2130 sendiri setara dengan printer laser entry level dari merek lain. Namun, HL-2130 tetap memiliki kelebihan. Ukurannya adalah yang paling mungil dibandingkan pesaing di kelasnya, kecepatan cetaknya juga termasuk tinggi. Ditambah layanan purna jual yang baik, maka tak ada alasan mengapa Anda tak dapat menyertakan Brother HL-2130 dalam pertimbangan pembelian printer Anda.
Kelebihan:
  • Kualitas cetak teks sangat baik.
  • Harga bersahabat.
  • Mudah digunakan.
  • Ukuran kecil.
Kekurangan:
  • Sedikit banding pada gradasi greyscale
Sumber