Monday, April 27, 2015

Canon Fokus Garap Segmen Printer Inkjet

detail berita
(Foto: Canon)
Pada semester I tahun 2009 lalu, Canon berhasil menguasai pangsa pasar printer inkjet di Indonesia. Hal itulah yang membuat Canon ingin fokus menggarapnya di Tanah Air.

Dalam data yang dikeluarkan PT Datascript (distributor Canon di Indonesia), yang dikutip melalui IDC
Asia Pasifik menunjukkan kalau Canon menguasai market share printer inkjet di Indonesia hingga 56 persen, yang ini berarti menempatkan mereka di posisi pertama. Keberhasilan Canon ini tidak terlepas dari komposisi printer inkjet yang lebih besar dari printer laser.

Kendati menguasai printer inkjet di pasaran lokal, Canon mengakui kalau printer dengan singelfunction masih jauh lebih besar dari printer yang multifunction. Bahkan, bisa dikatakan perbedaan antara printer inkjet singlefunction dan multifunction cukup lebar.

?Kontribusi printer inkjet yang singelfunction bisa mencapai angka 90 persen, sedangkan multifunction hanya sekitar 10 persen. Keadaan ini terbalik dengan apa yang ada di luar negeri, yang mana jumlah penjualan printer inkjet multifunction jauh lebih besar,? aku Senior Marketing Manager PT Datascript Monika Aryasetiawan, usai ditemui dalam acara peluncuran printer baru Canon, di Taman Ismail Marzuki, Kamis petang.

Besarnya jumlah penjualan printer inkjet singelfunction, menurut Monika, tak terlepas dari uniknya karakter konsumen di Indonesia. Pasalnya, konsumen Indonesia, khususnya konsumen rumahan, masih lebih menyenangi produk-produk yang berharga di bawah Rp1 juta. Maka tak heran, kalau printer inkjet multifunction lebih laku dibeli oleh korporat.

?Pada penjualan kuartal II 2009 kemarin saja produk-produk untuk printer inkejet singlefunction sudah terjual lebih dari 400 ribu unit. Bandingkan dengan yang multifunction-nya yang hanya terjual 130 ribu unit saja,? paparnya.

Meskipun penjualan kuartal II menunjukan yang menggembirakan, namun Monika memprediksi pada kuartal� selanjutnya bakal terlihat penurunan penjualan pada produk-produk printer. Malahan, penurunanya bisa mencapai 20 persen. Penurunan ini sendiri, terkait dengan datangnya hari lebaran yang jatuh pada September ini.

?Biasanya penjualan printer bakal menurun pada hari Lebaran ini. Tapi, penjualan yang meningkat justru dating dari segmen kamera digital,? pungkasnya.

Kedepannya, Canon tetap akan fokus menggarap printer inkjet yang mempunyai peluang lebih besar, dengan menghadirkan seri-seri inkjet yang lebih banyak ketimbang printer laser. Bagi Canon, saat ini, perlu kosenterasi pada satu segmen dahulu.