Monday, April 27, 2015

NASA Kembangkan Printer 3D Pembuat Pizza

detail berita
(Foto: Pocket-lint)
Badan antariksa milik Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA), belum lama ini mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan prototipe printer 3D untuk
membuat pizza.

Kabarnya, System and Materials Research Corporation baru saja mendapatkan dana sekira USD125 ribu atau sekira 1,225 miliar untuk enam bulan dari NASA. Hal tersebut dilakukan guna mengembangkan prototipe printer 3D yang memiliki kemampuan membuat pizza.

Jika didasarkan pada printer 3D open source Rap Rap, teknologi printer pembuat pizza ini memang masih berada dalam tahap konsep. Akan tetapi, kontraktor pembuat perangkat ini sudah membayangkan bahwa di masa depan, setiap dapur akan memiliki printer makanan 3D sendiri.

Berdasarkan informasi yang beredar, ide dasar dibalik pembuatan printer makanan 3D memiliki kemiripan dengan teknologi yang banyak ditemukan di pabrik pemroduksi makan. Sebelumnya, kontraktor yang ditunjuk NASA untuk membuat printer telah menunjukkan proses yang akan dilakukan oleh printer buatannya.

Dikutip dari Pocketlint, Kamis (30/5/2013), rencananya printer makanan 3D ini akan menggunakan bahan berbasis bubuk, yang digunakan sebagai sumber pembuat makanan. Selain itu, alternatif lainnya untuk memasukan bahan makanan pada printer 3D adalah dengan menggunakan cartridge.