Wednesday, April 29, 2015

OfficeJet 150, printer all-in-one portable dari HP

Mungkin anda sebelumnya pernah melihat atau mungkin mengetahui keberadaan produk scanner portable atau printer portable. Namun, HP mengklaim bahwa OfficeJet 150 merupakan printer all-in-one portable pertama didunia.
OfficeJet 150
dirancang dengan sangat rapih, bila dilipat bentuknya terlihat kompak dengan panjang 355mm, lebar 200mm dan tinggi 85mm. Printer memiliki bobot 3.1Kg dengan baterai isi ulang melekat, sehingga sedikit terasa berat dibawa dalam tas atau ransel dan dapat diselipkan dengan mudah dibangku belakang mobil ketika mengunjungi klien.
HP membuat seluruh fungsi menjadi kompak, termasuk printer inkjet 600dpi, scanner 600dpi serta panel control touch-sensitive yang bisa dilipat keluar ketika diperlukan. Terdapat pula port USB untuk terhubung dengan PC sekaligus Bluetooth untuk proses print secara waireless yang artinya, pengguna dapat langsung bekerja dengan printer tanpa menarik kabel apapun.
Tersedia pula port USB tambahan dan slot SD card yang terdapat dibagian belakang, sehingga memungkinkan pengguna mencetak photo dari perangkat storage eksternal maupun scan dokumen kemudian menyimpan kesalah satunya tanpa perlu komputer.
Printer meliputi penampung kertas 50-sheet yang biasanya cukup untuk mencetak hasil pekerjaan. Namun printer tidak memiliki penampung hasil cetak, sehingga pengguna harus memastikan ada sisa ruang dihadapan printer agar dokumen hasil cetak tidak tercecer. HP mengklaim, tenaga baterai cukup untuk mencetak hingga 500 halaman dan tersedia adaptor listrik didalam box bila diperlukan.
Kecepatan OfficeJet 150 dalam mencetak dokumen menurut HP mencapai 22 halaman permenit (ppm) untuk teks hitam saja dan 18ppm untuk teks dan grafik warma. Sementara dalam pengujian kecepatan cetak printer lebih rendah masing-masing mencapai 7ppm dan 3ppm. Namun kecepatan tersebut masih bisa diandalkan untuk mencetak invoice atau mungkin sesekali mencetak selebaran untuk klien. Hasil print sangat baik, hampir mendekati kualitas printer laser untuk teks dan cukup tajam untuk grafik warna.
Printer juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak photo dengan kualitas wajar untuk photo A4 diatas kertas glossy, yang selesai dalam waktu sekitar dua menit. Sementara kinerja scanning lebih baik, hanya perlu waktu satu menit untuk menyelesaikan scan dokumen warna A4 dengan 300dpi.
OfficeJet 150 mungkin ditawarkan dengan harga cukup mahal untuk ukuran printer inkjet. Namun tidak masalah membayar lebih untuk desain printer yang lebih portable dan kompak, sekaligus memiliki sejumlah fitur bermanfaat seperti scan, copy maupun opsi wireless yang memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan printer multifungsi dimanapun.