Tuesday, April 21, 2015

Servis Printer

Printer merupakan hasil karya manusia yang kapan saja bisa mengalami kerusakan. Apalagi printer sangat sensitif dan perlu perlakuan khusus agar tidak mudah rusak. Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada printer seperti adanya hasil cetakan yang tidak rata atau cetakan yang terputus-putus. Hal ini sangat mudah diatasi tanpa harus memanggil tukang servis printer. Biasanya hal tersebut terjadi karena pertama, bisa saja karena head panas setelah melakukan proses head cleaning pada printer. Head cleaning terjadi pada saat printer yang dalam keadaan off/mati terus dihidupkan, secara otomatis melakukan head cleaning padahal sering sekali level tinta belum menunjukkan akan habis.
Jangan khawatir, Anda sendiri dapat mengatasi hal tersebut tanpa harus memanggil teknisi printer untuk servis printer Anda yang sedang mengalami masalah seperti itu. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengembalikan hasil cetakan yang terputus-putus ke hasil cetakan yang bagus, yaitu:
1.   Masuk ke Properties printer dan klik maintence, lalu pilih cleaning dan tunggu proses printer sedang melakukan cleaning. Biarkan printer yang sedang proses tersebut memang terkadang cukup lama, namun apabila printer sedang melakukan proses dan dihentikan mendadak maka printer akan mengalami kerusakan semakin jauh, kemudian lihat hasil cleaning, biasanya jika printer tidak bermasalah maka hasil cetakan akan kembali normal. Biasanya dengan melakukan hal ini saja printer akan kembali seperti semula. Namun terkadang ada juga yang tidak berhasil, maka dapat melakukan servis printer yang kedua.
2.   Cek catridge yang ada pada printer Anda. biasanya juga masalah ini terjadi karena tinta catridge kering. Bila catridge kering maka dapat diberi cairan pengencer. Kemudian lap dengan menggunakan tisu pada bagian bawahnya. Jika sudah jelas ada bekas yang terlihat pada tisu maka pasang kembali cartridge dan lihat hasilnya.
Biasanya dengan melakukan cara-cara diatas maka printer akan kembali normal, tanpa harus dibawa ke tempat servis printer. Hal ini sangat mudah dipraktekkan sendiri di rumah. Dengan demikian juga akan menghemat pengeluaran Anda. Printer harus sering-sering digunakan agar tidak terjadi tinta yang kering. Karena jika tinta kering maka akan sulit untuk menggunakan printer pada waktu yang mendesak.