Thursday, April 16, 2015

Tips Mencetak File PDF saat Tinta Hitam Printer Bermasalah

Perhatikan contoh kasus di bawah ini :
Ada saatnya Anda ingin mencetak  ebook yang telah Anda download dari internet dan biasanya berbentuk file PDF, namun tinta hitam printer Anda tidak berfungsi sebagai mestinya atau bahkan tidak muncul sama sekali dan mengakibatkan ebook Anda tidak tercetak dengan baik. Yang jadi pertanyaan, apakah yang harus Anda lakukan selanjutnya?
Padahal ebook tersebut penting bagi Anda! Ke warnet atau rental? Mahal, apalagi kalau ebook itu berjumlah ratusan halaman. Konversi ke DOC? Bisa saja cara ini dipakai, tetapi sayang biasanya program konversi tersebut tidak gratis yang artinya Anda harus merogoh kocek untuk dapat menggunakannya. Lalu apa dong, solusinya?
Percaya atau tidak kasus di atas pernah terjadi pada saya dan salah seorang teman saya dan pada
kasus tersebut kami menggunakan Adobe Reader sebagai pembaca file PDF.
Pertama kali saya menemukan trik ini ketika saya mengalami masalah yaitu gagal mencetak file
PDF ke kertas, namun kalau mencetak file lain seperti DOC bisa karena kepekatan warna hitamnya telah saya turunkan menjadi 80%. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saat itu saya mencetak file PDF (ebook) menggunakan Adobe Reader. Saat itu, tinta printer saya tidak terdeteksi dengan baik -kalau warna hitam pekat tidak tercetak tetapi kalau diburamkan sedikit menjadi abu-abu baru dapat tercetak ke kertas- maka bisa ditebak selanjutnya, file tersebut tidak tercetak dengan baik. Padahal ebook-ebook dari internet, standar warna hitamnya adalah pekat. Lalu saya coba-coba memakai PDF viewer lain dan akhirnya saya menemukan sebuah PDF viewer yang dapat mengatasi masalah saya. Program itu bernama SumatraPDF versi Portable. Software itu saya dapatkan di situs PortableAPPs (http://www.portableapps.com).
Pertama kali saya menjalankannya untuk mencetak file PDF, saya tidak yakin kalau program itu
bisa mencetaknya. Namun, setelah saya coba beberapa kali akhirnya saya yakin kalau program
itu benar-benar bisa melakukannya. Berselang waktu, teman saya curhat pada saya bahwa dia
tidak bisa mencetak file dokumennya karena tinta hitamnya tidak terdeteksi dengan baik. Dalam
hati saya berpikir, jangan-jangan kejadiannya sama seperti saya. Lalu, saya tawarkan solusi bagi
dia untuk menggunakan SumatraPDF dengan syarat dia harus mengkonversikan dulu file dokumennya ke format PDF. Esoknya, dia berkata kalau trik itu benar-benar berhasil.
Kembali ke hasil pencetakan SumatraPDF. Hasil pencetakannya sih lumayan, dalam artian warna hitamnya tidak terlihat begitu pekat. Tapi lumayan, kan! Yang penting tercetak daripada tidak tercetak sama sekali :). Oh iya, SumatraPDF juga mendukung Bahasa Indonesia.
Cara mencetaknya, sama seperti program sejenis yaitu :
1. Klik File pilih Print atau  tekan CTRL – P pada keyboard.
2. Lalu, pilih printer yang ingin Anda pakai lalu klik tombol Print.
 Sumber