Wednesday, April 22, 2015

Printer Jadul yang Masih Eksis di Pasaran

Sebagai alat penunjang PC, tidak heran jika printer dicari dan diminati banyak konsumen. Ada banyak merek dan model dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan printer. Akan tetapi, meskipun sudah banyak merek dan model baru, siapa sangka ternyata printer jadul juga masih banyak diminati oleh konsumen. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi minatnya konsumen dengan printer jadul tersebut.
Masih beredarnya konsumen terhadap printer jadul tersebut beberapa di antaranya dikarenakan spesifikasi dan kualitas dari printer tersebut tidak kalah lengkap serta terjamin dari kebanyakan printer dengan berbagai merek dan model yang baru yang saat ini sedang beredar di pasaran. Selain itu harga printer jadul menjadi faktor selanjutnya yang melatarbelakangi konsumen untuk mencari printer dari jaman dahulu tersebut. Persoalan harga memang begitu sensitif bagi sebagian orang. Oleh karenanya tidak heran jika hal tersebut berdampak kuat terdapat pemilihan berbagai barang, termasuk printer.
Lalu, apakah saat ini printer jadul masih ada dan masih beredar di pasaran? Tentu saja masih ada. Berikut ini merupakan beberapa di antara contoh printer jaman dulu yang masih beredar di pasaran beserta harganya.
  • Canon S100 SP dibanderol dengan harga sekitar Rp80.000 (tanpa cartridge)
  • Canon IP1700 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000 (tidak termasuk cartridge)
  • HP 845i yang dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000 (tanpa cartridge)
  • Canon BJC-256SP dibanderol dengan harga sekitar Rp130.000
  • Epson LX-800 dibanderol dengan harga sekitar Rp160.000
  • HP F2275 dibanderol dengan harga sekitar Rp160.000
Beberapa contoh di atas merupakan contoh dari printer jadul yang masih beredar di pasaran. Bisa dilihat harga printer jadul yang ditawarkan sangat murah, yaitu kurang dari Rp200.000. Oleh karenanya, tidak menjadi sesuatu yang heran jika banyak konsumen yang masih mengincarnya. Urusan spesifikasi dan atau kualitas, tidak jauh berbeda dengan printer baru yang ada di pasaran, apalagi jika printer jaman dulu tersebut berasal dari merek yang sudah sangat dikenal para konsumen.