Thursday, April 16, 2015

Pedoman Perawatan printer

a. Membersihkan bagian luar printer
- Matikan printer, kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang printer.
- Seka bagian luar printer dengan kain halus yang sudah agak dilembabkan dengan air
Perhatian:
- Jangan menggunakan jenis larutan pembersih apa pun. Pembersih dan deterjen rumah-tangga dapat merusak lapisan printer.
- Jangan membersihkan interior (bagian dalam) printer. Jauhkan semua cairan dari interior.
b. Printer deskjet
- Jangan melumasi tali logam tempat bergesernya pegangan kartrid cetak. Bunyi derau adalah    normal apabila print head bergerak mundur-maju.
- Jika terlihat garis putih atau satu warna belang pada hasil cetak, mungkin kartrid cetak perlu dibersihkan. Lakukan pembersihan kartrid otomatis dengan menggunakan perangkat lunak yang disertakan dengan printer.
- Jika tiga level prosedur pembersihan kartrid otomatis telah dilakukan dan masih terlihat belang putih atau ada warna yang hilang pada halaman uji, maka mungkin perlu untuk membersihkan kontak kartrid cetak secara manual (hubungi divisi Perangkat Keras/Hardware Puskom)
c. Printer laser
- Serpihan kawat staples jangan sampai terjatuh pada baki kertas atau lubang-lubang printer, karena teknologi pemanasan printer tersebut menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak oleh benda-benda tajam dan mengakibatkan kertas lecek dan ada bercak pada hasil cetak.
- Jangan mencoba mencabut kertas yang “jam” dengan paksa; usahakan menarik searah saat printer mencetak. Apabila tidak bisa, lebih baik hubungi divisi Perangkat Keras/Hardware Pusat Komputer daripada dipaksa dan harus mengganti part (biasanya film dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik dengan paksa.
- Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai.
- Jangan memaksakan toner yang sudah bocor untuk mencetak, karena akan menyebabkan tumpukan butiran toner pada pemanas yang berakibat menempelnya toner tersebut di heater dan pressure roller printer. Hasil print akan cacat permanen.
- Jika akan mencetak diatas media lain yang mengandung bahan plastik, seperti: sticker, transparancy paper, pastikan bahwa media tersebut tahan panas. Jika tidak tahan panas, media bisa meleleh didalam printer dan menyebabkan kerusakan. Gunakan media yang asli dari vendor yang bersangkutan.
Sumber