Saturday, April 25, 2015

HP Color LaserJet 1600

Kalau Anda mengira semua Color LaserJet itu sama, kali ini lihatlah sebuah Color LaserJet yang akan mengubah cara pandang Anda tentang sebuah printer laser warna. Tidak semua printer laser warna harus mempunyai ukuran yang besar dan berat. Juga tidak selalu lambat dalam mencetak. Harga juga tidak harus
mahal dengan kualitas yang kurang sebanding dengan investasi. Betul, sebuah printer laser warna tidak harus selalu seperti itu. HP Color LaserJet 1600 akan menghapus semua keraguan tersebut.



Dengan berat 18 kg untuk ukuran sebuah Color LaserJet masih bisa digolongkan berat yang reasonable. Ukurannya juga tidak terlalu besar yaitu lebar 407 x 453x x 370mm. Secara fisik memang agak terlihat besar. Tapi pada saat Anda letakkan diatas meja kerja Anda sekalipun, printer ini tidak akan mengganggu pandangan Anda.

Untuk setup pada saat pemakaian pertama sangat sederhana, seperti layaknya printer laser warna pada umumnya. Setelah Anda mengeluarkannya dari kardus dan memasang tray yang ada, siapkan kertas Anda, jalankan program setup, lalu colokkan kabel USB (tidak termasuk dalam paket penjualan) saat program pada setup meminta Anda untuk menghubungkannya. Setelah itu, Anda siap menggunakan Color LaserJet 1600 ini untuk kegiatan mencetak dokumen yang Anda miliki dengan kecepatan 8ppm, baik untuk hasil monokrom (hitam) maupun warna. Kualitas hasil dari printer ini juga dapat Anda andalkan. Dari hasil pengujian menggunakan ukuran font “5”, huruf yang tercetak terbaca dengan baik.

Sedangkan pada hasil cetak untuk grafik, walaupun masih didapat beberapa hal yang kurang pada printer ini, seperti pada perpaduan warna yang dirasa sedikit kurang detail dimana terkadang terdapat garis putih diantara warna-warna tersebut. Tapi secara keseluruhan, kualitas mencetak foto/grafik pada printer ini masih lebih baik di bandingkan printer laser warna pada umumnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila ingin mencetaknewsletter klien Anda ataupun mencetak halaman situs web, karena hasil cetak HP CLJ 1600 ini tetap bisa Anda andalkan.

Satu lagi yang dapat memberikan nilai lebih untuk printer ini yaitutray-nya yang dapat menampung hingga 250 lembar. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan kertas dan tidak perlu mengisi tray ini terlalu sering. Apabila Anda belum merasa cukup dengan standar kapasitas kertas yang dimiliki oleh printer ini. Anda dapat menambahkan lagi trayuntuk daya tampung 250 lembar yang dapat dibeli secara terpisah, sehingga Anda akan mempunyai kapasitas total tray yang sanggup menampung 1 rim kertas atau sebanyak 500 lembar.