Monday, May 4, 2015

Ricoh SP-202SN

Inovatif dan Tangguh
Perangkat ini merupakan multifungsi monokrom laserjet pertama di dunia yang menggunakan toner yang bisa diisi ulang secara resmi.

Keputusan Ricoh terjun ke bisnis printer laser dibarengi dengan inovasi unik. Inovasi ini berupa dimungkinkannya
cartridge untuk diisi ulang (refill) menggunakan toner resmi keluaran Ricoh. Ide ini mirip dengan refill pada printer inkjet. Ricoh berhasil menciptakan sistem refill mudah yang bahkan bisa dilakukan sendiri oleh orang awam.
Melalui duet printer lasernya (SP-100 dan SP-202SN) sistem refill ini mulai diperkenalkan ke khalayak Indonesia dan kami berkesempatan mencoba model multifungsinya kali ini (SP-202SN). Sistem refill diklaim Ricoh mampu menekan biaya operasional. Jika bubuk toner habis, cukup membeli isi bubuk toner dengan isi 80 gram yang dapat digunakan untuk mencetak hingga 2000 lembar. Hanya saja, Ricoh merekomendasikan refill ini dilakukan tidak lebih dari tiga kali. Tujuannya, untuk menjaga kualitas cetak tetap prima.
Secara keseluruhan fungsi yang ditawarkannya mencakup pencetakan (print), pemindaian (scan), dan penggandaan (copy). Ketiga fungsi tersebut mendukung mode cetak bolak-balik (duplex) secara manual. Untuk pemindaian dan fotokopi, selain melalui flatbed bisa pula dilakukan melalui ADF. Koneksi ethernet yang disediakan cocok memungkinkan perangkat ini digunakan bersama-sama dalam satu jaringan. 
Mengingat nama besar Ricoh di bidang cetak fotokopi sudah cukup terkenal, tidak mengherankan jika proses pencetakan dan penggandaan dokumen mampu dilakukan dengan baik. Hasil cetak warna hitamnya pekat dan rapi. Begitu pula hasil penggandaannya memiliki kualitas yang unggul.
Torehan waktu cetaknya masih terbilang gegas meskipun bukan yang tercepat untuk sekelas perangkat cetak laser. Satu lembar dokumen berbasis teks bisa dicetak dalam waktu sekitar 16 detik. Untuk meminimalkan penggunaan daya, telah diadopsi teknologi hemat. Teknologi ini secara otomatis akan mengatur perangkat ke mode energy saver saat perangkat tidak digunakan. Mengaktifkan perangkat ini kembali juga tidak membutuhkan waktu lama, hanya kurang dari sepuluh detik.
****
Ricoh SP 202SN menawarkan alternatif menarik bagi yang encari perangkat cetak multifungsi laser dengan biaya operasional terjangkau. Dengan segala feature yang ditawarkannya, seri ini cocok digunakan oleh segmen UKM yang memiliki aktivitas cetak skala menengah.

Kapasitas cartridge
Untuk kebutuhan cetak yang beragam, tersedia kapasitas high-yield yang mampu mencetak hingga 2600 lembar serta kapasitas low-yield untuk mencetak sampai 1500 lembar kertas berukuran A4.

Solusi paper-jam
Bagian belakang yang bisa dibuka memudahkan pengguna untuk melepas atau mencabut kertas yang tersangkut saat terjadi paper-jam.

Tanpa faksimili
Meski tidak memiliki fungsi faksimili, perangkat ini tetap menyertakan tombol numerik.
Spesifikasi
Teknologi cetak 
Laser monokrom
Resolusi
Max. 1200 dpi
Print engine
Electrophotographic
Memori
32 MB
Kapasitas kertas
150/1/15 lembar (standar/bypass/ADF)
Daya tampung keluaran kertas
50 lembar
Sebagai pemindai
Teknologi
Colour Flatbed CIS, ADF
Resolusi
600×600/4800×4800 dpi (optikal/interpolasi)
Kedalaman warna
8-bit color (input/output)
Sebagai copier
Pengecilan/Perbesaran
25-400%
Resolusi
Hingga 600×600 dpi
Fasilitas copy
Combine Copy, ID Copy, manual duplex, multi copy hingga 99 halaman
Spesifikasi  Umum
Siklus pakai
20.000 halaman/bulan
Koneksi
USB 2.0, ethernet 10/100BASE-TX
Sistem operasi
Windows
Bobot
9,9 kg
Dimensi (plt)
40,2x36x29,1 cm
Konsumsi listrik
5/55/400 watt (sleep/standby/active)
Kelengkapan
Kabel power, Kabel USB, CD driver, Manual
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga bubuk toner 80 gram
Rp150.000
Harga (kisaran)*
Rp2.400.000
* PT Pasifik Internusa, (021) 5700140; Minggu keempat Juli 2013
Plus     : Hasil cetak bagus; kinerja gegas; toner-nya bisa diisi ulang; cetak bolak-balik (manual duplex); solusi paper-jam.
Minus : Panduan kurang detail; kertas agak melengkung.
Skor Penilaian
- Kinerja             : 4,25
– Fasilitas           : 3,5
– Kemudahan     : 3,75
– Harga               : 4
– Skor total         : 3,95