Monday, May 4, 2015

EPSON T13 YANG GENERAL ERROR



Cara Mengatasi General Error pada Printer Epson T-13 dan TX-121.Sering kali kita menghadapi masalah hasil print out bergaris atau tidak muncul sama sekali. Hal ini sering dijumpai pada printer yang telah dimodifikasi dengan infus ataupun catridge telah
di isi ulang (refill). Permasalahan ini muncul karena tinta infus atau tinta isi ulang akan cenderung untuk lebih mudah mengering. Efeknya print head menjadi mampet. Tetapi kali ini saya akan memberikan tips mengenai General Error Pada Printer Epson.
General error ini muncul ketika ingin print data, padahal sebelumnya status printer sudah ready. General error ini bisa diakibatkan karena head pada printer terganggu karena ada kotoran, Bisa juga disebabkan oleh selang infus karena Printer yang sudah di infus sering mengakibatkan jalannya head terganggu. Namun General Error yang akan saya bahas kali ini yaitu General Error  ”Delete all print jobs and turn the printer off. Remove any foreign objects from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on.”
Sebelumnya status printer sudah ready, dan tidak ada error yang muncul. Tetapi ketika digunakan printing  maka muncul pop up seperti itu “Delete all print jobs and turn the printer off. Remove any foreign objects from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on”dan lampu pada printer mengalami blinking secara bersamaan. Ini bisa disebabkan oleh kerusakan Head , kerusakan Head ini sangat sulit dilihat dengan kasat mata dan cara memperbaikinya sebagai berikut ;
  1. Buka cassing printer Epson anda.
  2. Ambil dan ganti head dengan head bekas atau baru yang masih baik.
  3. Pasang kembali dan nyalakan,Printer kembali siap untuk di gunakan.
  4. Jika masih error, Coba lakukan head cleaning pada printer anda
Catatan ;
  • Cara Memperbaiki Epson T13 yg lampu merahnya terus berkedip / blinking permasalahannya adalah karena catridgenya sudah rusak atau kendor, coba cabut cartridgenya kemudian bersihkan pinnya dengan tisu yg bersih setelah itu bersihkan juga pin dari printernya, kalau pin sudah bersih, nyalakan kembali Epson T13nya.
  • Lakukanlah Head Cleaning untuk mencegah buntu pada head jika hasil print sudah tidak bagus.
Sumber