Monday, May 4, 2015

HP 'Kawinkan' Dengan Sempurna Printer Dan Internet


HONGKONG - Terjebak macet di Jakarta padahal belum mengeprint proposal untuk klien atau atasan? Jangan cemas, sembari 'menikmati' macet, aktivitas print bisa dilakukan di atas kendaraan. Cukup kirimkan materi Anda lewat e-mail ke printer di kantor, dalam
hitungan detik printer akan mencetak file tersebut.

Jadi, setiba di kantor, dokumen Anda tinggal ambil saja dari printer dan serahkan pada klien/bos. Gambaran tersebut bisa menjadi nyata berkat printer keluaran pabrikan printer terkemuka, Hewlett-Packard (HP), dari keluarga e-All-in-One, yang bulan Juli ini hadir di pasaran Indonesia.

"Setiap printer memiliki alamat email yang unik," kata Vyomesh Joshi, Executive Vice President, Imaging and Printing Group (IPG) HP dalam peluncuran empat varian produk ini di Shaw Studio, Hong Kong, yang dihadiri seratusan wartawan Asia Pasifik.

Joshi menyebut produknya sebagai temuan revolusioner karena 'mengawinkan' printer dengan internet. Printer bisa mencetak tanpa perlu terhubung dengan PC.

Printer mutakhir ini memungkinkan seseorang mencetak dari smartphone atau peralatan mobile lainnya dengan menyimpan dokumen atau file di 'cloud'. "Kami melakukan revolusi untuk menjadikan cetak berbasis web dan cloud standar baru dalam industri," ujar Joshi.


Meski demikian, produk itu juga simpel sehingga juga menyasar pada kebutuhan personal (rumahan), selain bisnis. "Mencetak dari smartphone atau sebuah tablet sungguh mudah, hanya kirimkan email dokumen Anda ke printer. Itu adalah kekuatan kesederhanaan," ujar mantan eksekutif Yahoo ini.

"Setiap orang memiliki kebebasan untuk mencetak di mana saja, kapan saja dan dengan alat apa saja. Bila Anda bisa mengirim email, Anda bisa mencetak," promosi Joshi.

HP juga menyebut produknya aman dan dapat diandalkan. Aman yang dimaksud adalah printer itu dirancang untuk mampu meminimalisasi gempuran 'musuh' email pada lazimnya seperti spam maupun virus. Sebab sebelum proses mengeprint dilakukan, printer akan melakukan otentifikasi dengan mengecek ke daftar pengirim ke datacenter HP, memfilter spam, menscan virus, dan  setelah proses mencetak berakhir, pengirim e-mail akan mendapatkan konfirmasi.

Dalam kesempatan itu, juga didemokan penggunaan printer yang akan hadir di Indonesia pada bulan Juli itu. Misalnya saja CEO Dreamworks Jeffrey Katzenberg yang tampil dalam video call langsung dari Los Angeles mengirimkan email ucapan selamat pada Joshi.

Dalam 5 detik, ucapan selamat itu telah keluar dari printer dalam bentuk kertas. Email ber-attachment juga tak masalah dicetak dalam waktu singkat.

Tak cuma mencetak file lewat e-mail, printer ini juga dilengkapi dengan aplikasi software (apps) yang bekerja sama dengan penyedia contet pihak ketiga. Saat ini setidaknya 50 aplikasi telah dibenamkan di mesin itu dengan kategori news (Nikkei, BBC, The York Times dsb), entertainment (American Idol, ESPN, dsb), resep, pendidikan dan banyak lagi.

Setiap negara akan memiliki aplikasi berbeda, disesuaikan dengan kondisi kebutuhan setempat. Dengan aplikasi ini, maka konsumen dapat mencetak secara gratis konten online yang telah dikustomisasi langsung dari web tanpa menggunakan PC.
Sumber