Monday, May 4, 2015

Mobile Printing, Ngeprint Bisa Langsung via Smartphone

Jakarta - Berdasarkan data yang dirilis oleh International Data Center (IDC), pada tahun 2015 diperkirakan sekitar 37 persen dari total pekerja di berbagai sektor bisnis di seluruh dunia akan bekerja secara mobile.

Melihat tren tersebut, Hewlett Packard (HP) merilis sebuah
solusi mobile printing. Konsep dasarnya adalah menyederhanakan proses printing yang selama ini justru terasa tidak praktis karena harus selalu bergantung pada dukungan perangkat personal computer (PC).

"Solusi mobile printing yang dicetuskan oleh HP berusaha untuk mengeliminir proses-proses yang sebetulnya tak perlu lagi dilakukan berkat penerapan teknologi termutakhir. Pengguna kini dapat mencetak berbagai jenis dokumen langsung dari perangkat mobile, tak perlu kabel, dan bahkan tak perlu berada dekat dengan mesin printer," jelas Charles Simanjuntak, Product Manager HP Indonesia..

Charles menjelaskan HP kini telah memiliki sejumlah solusi mobile printing yang telah diterapkan di seluruh jajaran produk printer jenis Laserjet dan Inkjet besutan mereka.

Solusi mobile printing yang pertama adalah fitur Eprint. Sesuai tagline yang diusung, "If you can email it, you can print it", fitur ini memungkinkan pengguna mencetak dokumen hanya dengan mengirimkan email pada mesin printer. Pengguna tak perlu lagi hadir dan berada di dekat mesin printer, hanya perlu mengirimkan dokumen yang ingin dicetak ke email mesin printer yang bisa didapat dengan mendaftarkannya di situs resmi HP.

Lalu terdapat pula fitur Airprint. Fitur ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan teknologi transfer dokumen via Bluetooth. Namun untuk fitur Airprint, teknologi yang digunakan adalah teknologi Airplay yang terdapat pada jajaran perangkat mobile berbasis iOS besutan Apple. Dengan kata lain, fitur Airprint memang hanya diperuntukkan bagi iPhone, iPad dan iPod.

Dan yang terbaru adalah fitur Near Field Communication (NFC). Belakangan ini hampir seluruh smartphone dan tablet kelas menengah ke atas telah dibekali dengan teknologi NFC. Pengguna hanya perlu menempelkan smartphone dan tablet yang telah diaktifkan fitur NFC-nya kepada bodi mesin printer HP dan dengan mudah dokumen akan berpindah ke mesin printer untuk siap dicetak.