Monday, May 4, 2015

Fakta dan Mitos Printer Laser

Saat ini penggunaan printer di kalangan masyarakat sudah semakin luas sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dan perangkat yang lainnya. Kini semakin banyak juga jenis printer saat ini yang ditawarkan di pasaran dengan berbagai keunggulan. Namun bagi anda yang hendak berniat untuk memiliki printer, taukah beberapa Mitos dan Fakta seputar printer laser jet  yang mungkin banyak bahkan Anda sendiri juga meyakininya. Inilah beberapa mitos yang banyak diyakini oleh beberapa orang:

1.    Penggunaan Cartridge Refill dapat Merusak Printer.
Banyak orang yang berfikir bahwa jika membeli sebuah printer Apakah printer tersebut bisa di refill atau tidak??? Memang wajar jika demikian, Harga cartridge original yang terlampu tinggi bisa mencapai 5 kali lipat bahkan lebih dari harga refill. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa cartridge refill tidak sebagus cartridge original bahkan cenderung merusak printer. Faktanya, anggapan tersebut tidaklah benar asalkan dengan:
  • Refiller menggunakan serbuk toner dengan kualitas bagus.
  • Refiller adalah orang yang sudah berpengalaman sehingga dapat meminimalisir terjadinya kebocoran.
  • Cartridge yang di-Refill harus di test terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada konsumen untuk memastikan bahwa cartridge benar-benar dapat berfungsi dengan baik.

2.    Mencetak Menggunakan Printer Laser Jet.
Diantara jenis Printer yang ada, jenis printer laser jet memang yang memiliki hasil cetakan yang paling bagus, tahan lama, paling cepat proses cetaknya. Dengan adanya kenyataan seperti itu banyak orang berfikiran bahwa mencetak menggunakan printer laserjet akan lebih mahal dari printer jenis lainnya terutama tinta. Namun anggapan itu tidak benar adanya karena memang sepadan dengan hasil yang didapatkan dengan menggunakan printer laser jet ini. Mari kita bandingkan dengan mengambil referensi dari salah satu website jual beli terbesar di dunia :
  • Harga sebuah cartridge tinta Canon PGI-40BK adalah USD 28,2 untuk kapasitas cetak 650 lembar. Sehingga biaya cetak perlembar adalah USD 0,043.
  • Harga sebuah toner cartridge HP CB435A adalah USD 56,56 untuk kapasitas cetak 1500 lembar. Sehingga biaya cetak perlembar adalah USD 0,037.
Jelas terlihat bahwa biaya cetak perlembar jika menggunakan printer laser akan lebih efisien dan lebih murah dibandingkan menggunakan printer tinta.


3.    Toner Sampah pada Cartridge printer laser dapat digunakan kembali.
Umumnya pada printer laser. Selama proses mencetak, printer laser akan menghasilkan sampah yang akan disimpan pada bagian waste bin dari sebuah cartridge. Sekilas toner sampah ini memang tidak ada bedanya dengan toner yang masih baru , sehingga user atau refiller tidak membuang toner sampah tersebut namun memasukannya kembali. Trik ini sering dipakai oleh tukang fotocopy untuk menghemat biaya pembelian serbuk toner. Kenyatannya, meskipun secara fisik toner sampah itu masih bagus, namun ternyata komposisi kimia dari toner sampah berbeda dengan toner baru. Bahan utama dari serbuk toner adalah resin polimer, bahan pembawa (carrier) zat aditif. Resin polimer inilah yang kemudian akan keluar sebagai cetak yang dapat kita lihat, sedangkan bahan carrier (berupa serbuk besi) akan masuk dalam waste bin sebagai sampah.
Apabila toner sampah dipaksakan untuk dipakai ulang, dampaknya akan mengurangi kualitas cetakan, bahkan lebih buruk lagi dapat memperpendek usia komponen cartridge.

4.    Printer Laser Harganya Relatif Mahal
Memang sudah banyak diketahui dan memang faktanya printer laser harganya lebih relative mahal  dibandingkan dengan printer Inkjet.
Namun, bagaimana jika kita lihat dari usia pakainya, maka kita akan menemukan kenyataan bahwa printer laserjet lebih ekonomis dibandingkan dengan printer inkjet. Usia pakai normal dari sebuah printer inkjet hanya sekitar 2 tahun, selebihnya printer akan banyak mengalami masalah, Sering ganti part dan tinta pembuangan di dalam printer juga sudah mulai penuh. Sedangkan printer laserjet dapat dipakai hingga lebih dari 5 tahun tanpa ganti part.


Itulah beberapa mitos dan fakta mengenai printer laser jet yang mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang printer dan juga bisa sedikit membantu anda di dalam mengatasi masalah printer laser jet Anda.