Monday, May 4, 2015

Jenis-jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Jenis-jenis Tinta Printer dan Fungsinya_1
Sering kali ketika kita berjalan di jalan raya tanpa sengaja melihat maupun membaca sebuah papan reklame yang disana tertera banyak tulisan bersifat mengajak masyarakat untuk membeli dan memakai produknya. Ketika membeli
produk suatu kecantikan sering kali kita membaca tulisan dibelakangnya yang berisi kandungan dan cara pemakaian. Juga setelah membeli produk di suatu toko kita mendapatkan struk pembelian mengandung tulisan berisi tentang apa saja yang dibeli, jumlah harga dan terdapat promosi atau ucapan terima kasih di bawahnya. Adapun ketika kita sedang melihat televisi sering kali terdapat para aktris dan artis yang menjadi figure dari sebuah produk pakaian, di dalam pakaian tertera gambar maupun tulisan. Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan periklanan maupun jual beli teryata mengandung unsur tulisan. Disini jelas bahwa semua tulisan tersebut membutuhkan alat untuk menampilkan tulisan yaitu tinta. Tentunya pemakaian tinta pada produk, tempat maupun segala kertas itu beragam jenisnya sehingga membutuhkan pemilihan tinta yang tepat sesuai tempat pengaplikasiannya. Beragam jenis tinta seperti tinta printer Dye Base, Pigment/ durabrite, Sumblim, Solvent, Eco Solvent. Berikut dibawah ini beberapa jenis dan spesifikasinya.
Tinta Printer Dye Base
Tinta dye base ini memiliki bahan dasar air. Sangat cocok sekali untuk di aplikasikan sebagai printerstandar dikarenakan mempunyai hasil cetakan yang berkualitas. Soal harga sangat bersahabat sekali dengan saldo di saku Anda dibandingkan dengan jenis tinta printer yang lain. Namun bila ditinjau dari ketahanannya hasilnya tidak dapat bertahan cukup lama bisa dikatakan hasil cetakan mudah luntur.
Jenis-jenis Tinta Printer dan Fungsinya_2
Tinta Printer Pigmen atau Durabite
Jenis yang satu ini dapat menghasilkan sebuah kualitas cetakan yang sangat tajam, pekat, dan yang  pasti tahan terhadap air untuk semua jenis kertas. Berbicara mengenai kelebihan, pasti akan diikuti dengan kekurangan. Kekurangan dari durabite sangat mudah tersumbat oleh bahan yang berwarna hitam akan mengendap jika jarang digunakan dalam kurun waktu tertentu.
Tinta Printer Sublim
Sablon adalah hasil dari pengolahan data yang menggunakan tinta printer sublim. Sublim mempunyai karakteristik yaitu cairannya jauh lebih anti air dan proses degradadasi beberapa warna jauh lebih tahan. Namun memiliki resiko yang sangat besar. Namun memiliki resiko yang sangat besar terutama kualitas hasil cetakan disbanding dengan tinta pigmen.
Tinta Solvent
Mempunyai ketahanan terhadap air yang paling kuat dan tahan terhadap panasnya sinar ultraviolet, tinta tersebut terbuat dari material seperti cat duco. Tinta solven sangat cocok ditempatkan pada pencetakan banner spanduk billboard dan masih banyak yang lainnya. Namun kekurangannya terletak pada hasil cetakan, muncul bau yang menyengat.
Tinta Eco Solven
Karakteristik nya hampir seluruhnya sama seperti tinta solven. Hanya terdapat sedikit kekurangan terhadap sinar matahari yang sangat menyengat. Namun hasil cetakan tidak memunculkan bau yang tidak sedap dibandingkan dengan hasil dari tinta solven.  
Ternyata jenis tinta bermacam-macam, itu semua digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang tahan lama terhadap air dan sinar ultraviolet, ada pula yang menimbulkan suara gaduh ketika proses mencetak, ada yang berbau menyengat pada hasil cetakanya, ada yang hasilnya bagus dan tajam namun mudah luntur terhadap perubahan cuaca, dll. Penjelasan di atas sangat berguna untuk anda sebelum memilih dan menggunakannya. Semua orang tidak hanya memilih harga yang murah, namun juga ingin mendapatkan kualitas yang baik dan tahan lama sesuai kebutuhan.
Deskripsi Singkat
Menulis adalah suatu kegiatan menggoreskan tinta pada kertas. Mencetak hasil pengolahan data padakomputer juga membutuhkan tinta. Stempel juga memerlukan tinta. Tidak ada tinta, kita tidak dapat melihat hasil tulisan di dunia. Ada berbagai jenis tinta berbeda-beda fungsinya.