Thursday, April 16, 2015

Printer Tidak dapat Mencetak

Pastikan printer sudah dihidupkan dan tidak ada kertas dalam baki. Jika Anda masih tidak dapat mencetak, cobalah langkah berikut secara berurutan:
1. Periksa dan atasi setiap pesan galat.
2. Cabut dan sambungkan kembali kabel USB.
3. Periksa apakah produk tidak dihentikan sementara atau dalam keadaan luring.
Untuk memeriksa apakah produk tidak dihentikan sementara atau dalam keadaan luring, caranya:
Catatan HP menyediakan Utilitas Printer Diagnostic yang dapat memperbaiki
masalah ini secara otomatis.
a. Tergantung pada sistem operasi Anda, lakukan salah satu hal berikut:
• Windows 7: Dari menu Mulai Windows, klik Devices and Printers (Perangkat dan Printer). Klik kanan ikon produk lalu pilih See what’s printing (Apa yang dicetak) untuk membuka antrian cetak.
• Windows Vista: Dari menu Mulai Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), kemudian klik Printers (Printer). Klik dua kali ikon produk untuk membuka antrian cetak.
• Windows XP: Dari menu Start (Mulai) Windows, klik Control Panel (Panel
Kontrol), kemudian klik Printers and Faxes (Printer dan Faks). Klik dua kali ikon produk untuk membuka antrian cetak.
b. Pada menu Printer, pastikan tidak ada tanda centang di sebelah Pause
Printing (Jedakan Pencetakan) atau Use Printer Offline (Gunakan Printer Tidak Terhubung).
c. Jika Anda telah membuat perubahan, coba cetak kembali.
4. Periksa apakah produk telah disetel sebagai printer standar.
Untuk memeriksa apakah produk telah disetel sebagai printer standar
Catatan HP menyediakan Utilitas Printer Diagnostic yang dapat memperbaiki
masalah ini secara otomatis
a. Tergantung pada sistem operasi Anda, lakukan salah satu hal berikut:
• Windows 7: Dari menu Mulai Windows, klik Devices and Printers (Perangkat dan Printer).
• Windows Vista: Dari menu Mulai Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), kemudian klik Printers (Printer).
• Windows XP: Dari menu Start (Mulai) Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), kemudian klik Printers and Faxes (Printer dan Faks).
b. Pastikan produk yang benar sudah disetel sebagai printer standar.
Printer standar memiliki tanda centang dalam lingkaran hitam atau hijau di sebelahnya
c. Jika produk yang salah sudah disetel sebagai printer standar, klik kanan produk yang benar dan pilih Set as Default Printer (Setel sebagai Printer Standar).
d. Coba gunakan kembali produk Anda itu.
5. Inisiasi ulang penampung cetak.
Untuk menginisiasi ulang penampung cetak
Catatan HP menyediakan Utilitas Printer Diagnostic yang dapat memperbaiki masalah ini secara otomatis.
a. Tergantung pada sistem operasi Anda, lakukan salah satu hal berikut:
Windows 7
• Dari menu Mulai Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), System and
Security (Sistem dan Keamanan), kemudian Administrative Tools (Alat Bantu Administratif).
• Klik dua kali Services (Layanan).
• Klik kanan Print Spooler (Penampung Cetak), kemudian klik Properties (Properti).
• Pada tab General (Umum), di sebelah Startup type (Jenis inisiasi), pastikan Automatic (Otomatis) sudah terpilih.
• Jika layanan belum berjalan, dalam Service status (Status layanan), klik
Mulai, kemudian klik OK.
          Windows Vista
• Dari menu Mulai Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), System and Maintenance (Sistem dan Perawatan), kemudian Administrative Tools (Alat Bantu Administratif).
• Klik dua kali Services (Layanan).
• Klik kanan Print Spooler Service (Layanan Penampung Cetak), kemudian klik Properties (Properti).
• Pada tab General (Umum), di sebelah Startup type (Jenis inisiasi), pastikan Automatic (Otomatis) sudah terpilih.
• Jika layanan belum berjalan, dalam Service status (Status layanan), klik Mulai, kemudian klik OK.
        Windows XP
• Dari menu Start (Mulai) Windows, klik kanan My Computer (Komputerku).
• Klik Manage (Kelola), kemudian klik Services and Applications (Layanan dan Aplikasi).
• Klik dua kali Services (Layanan), kemudian pilih Print Spooler (Penampung Cetak).
• Klik kanan Print Spooler (Penampung Cetak), kemudian klik Restart (Hidupkan Ulang) untuk menginisiasi ulang layanan.
b. Pastikan produk yang benar sudah disetel sebagai printer standar.
Printer standar memiliki tanda centang dalam lingkaran hitam atau hijau di sebelahnya.
c. Jika produk yang salah sudah disetel sebagai printer standar, klik kanan produk yang benar dan pilih Set as Default Printer (Setel sebagai Printer Standar).
d. Coba gunakan kembali produk Anda itu.
6. Inisiasi ulang komputer.
7. Hapus antrian cetak
Untuk menghapus antrian cetak
a. Tergantung pada sistem operasi Anda, lakukan salah satu hal berikut:
•  Windows 7: Dari menu Mulai Windows, klik Devices and Printers (Perangkat dan Printer). Klik kanan ikon produk lalu pilih See what’s printing (Apa yang dicetak) untuk membuka antrian cetak.
• Windows Vista: Dari menu Mulai Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), kemudian klik Printers (Printer). Klik dua kali ikon produk untuk membuka antrian cetak.
• Windows XP: Dari menu Start (Mulai) Windows, klik Control Panel (Panel Kontrol), kemudian klik Printers and Faxes (Printer dan Faks). Klik dua kali ikon produk untuk membuka antrian cetak.
b . Pada menu Printer, klik Cancel all documents (Batalkan semua dokumen) atau Purge Print Document (Keluarkan Dokumen Cetak), lalu klik Yes (Ya) untuk mengonfirmasikan.
c. Jika masih ada dokumen dalam antrian, hidupkan ulang komputer dan coba mencetak kembali setelah komputer dihidupkan ulang.
d. Periksa kembali antrian cetak untuk memastikan telah bersih, kemudian coba cetak kembali.
Jika antrian cetak belum bersih, atau jika telah bersih tapi pekerjaan masih gagal untuk dicetak,   lanjutkan ke solusi berikutnya.
8. Menyetel ulang printer
Untuk menyetel ulang printer
a. Matikan produk.
b. Cabut kabel kord daya.
c. Tunggu beberapa saat, kemudian hubungkan kembali kabel kord daya.
d. Nyalakan produk.
Sumber